Saturday, December 29, 2007

Perlukah Packaging ?

Packaging Tshirt RAXZEL
Packaging Sandal RAXZEL


Untuk beberapa jenis produk, kita melihat mungkin tidak perlu menggunakan packaging, tetapi utk kategori tertentu, mungkin bisa jadi "wajib " menggunakan.

Selain fungsi melindungi produk,adakalanya berfungsi juga sebagai daya tarik atau image. Sebuah survei perusahaan rokok misalnya, dengan cara blind test, memberikan beberapa batang rokok tanpa kemasan ( polos ) dg komposisi racikan yg sama, konsumen akan sulit membedakan rasanya.

Tetapi ketika konsumen di berikan rokok , yg satu tanpa kemasan, yg satunya lagi dg kemasan merek tertentu, dengan mudah mereka akan menyatakan bahwa yg ada kemasan ini lebih enak, padahal komposisinya masih sama.

Terbukti bahwa, packaging sangat berpengaruh terhadap persepsi konsumen, dari mulai bentuk visual grafis,warna,ukuran dll.

Coba pertimbangkan lagi, perlukah produk kita menggunakan packaging ?

Salam Fuuntastic


Try Atmojo

Tuesday, December 18, 2007

Brand Identity

Seberapa jauh kita dapat merumuskan "identitas " merek kita secara tepat. Mulai dari mengidentifikasi target market ,keunikan produk di banding pesaing, manfaat dan personifikasi yg di wakili oleh sebuah merek.

Seluruh aktifitas (brand building) yg terkait dengan merek tsb harus tetap konsisten, dan sejalan/sesuai dg identitas tsb.

Mulai dari materi promosi, brosur, web, iklan, merchandise, ataupun sponsorship event, harus sejalan dg identitas tersebut.

Seperti merek label saya RAXZEL yg sebentar lagi webn-ya mau launching, dengan membawa tema campaign GLOBAL WARMING, semua tema design & aktifitas promosi, selalu menggunakan identitas ini.

Penting juga, identitas/tema tsb harus di sampaikan ke seluruh team yg terlibat ( internal branding ) agar semua individu yg terlibat merasakan/menjiwai karakter dari identitas tsb.

Semoga bermanfaat

Try Atmojo
TOGETHER WE BUILD A BETTER WORLD

Sunday, December 16, 2007

Berguru pada Ahlinya


Apapun bidang yang kita geluti belajarlah kepada pakarnya. Jangan pernah tanggung2 , itu yang selalu saya ingat, makanya di setiap kesempatan saya selalu menambah wawasan & bertemu kepada orang2 yg lebih pakar di bidangnya.

Malam Sabtu kemarin, saya Pak Roni dan Pak Rosihan berkunjung ke rumah Pak Perry ( Raja FO ) Tristianto di Bandung, dg sangat ramah dan terbuka beliau mempersilahkan kami untuk berkunjung ke "istananya", wah ternyata beliau wellcome banget... nggak nyangka deh

Banyak cerita inspiratif dan peluang2 yang beliau lempar kepada kami, sampai kami
nggak enak untuk menolaknya.

Beliau selalu cerita, untuk melihat peluang , mulailah dg mengamati hal2 kecil di sekitar kita, nggak usah njlimet deh ..

Wah.. diluar dugaan kami, sebagai orang yg sudah sukses sekelas beliau, masih mau ketemu, bercanda dan berbagi peluang kepada kami...yg masih bisnis UKM.

Yang pasti kami pulang dengan membawa cerita, tawaran peluang dan spirit yg luarbiasa ...

Try Atmojo

Tuesday, December 4, 2007

Brand Awarenes

Adalah tingkatan sejauh mana konsumen dapat mengingat merk kita. Bagaimana kita bisa menciptakan aktifitas marketing yg tepat untuk membuat merk kita lebih di kenal dan gampang di ingat konsumen. Ada beberapa indikator yg dapat di gunakan :

1. Recall
Seberapa jauh konsumen dapat mengingat ketika mereka di tanya merek apa saja yg mereka ingat. Top Of Mind adalah salah satu cara untuk mengukur brand recall
2. Recognition
Sejauh mana konsumen mengenali merk tersebut dalam satu kategori tertentu : Mungkin kita lebih mengenal Aqua sebagai air mineral, tapi ketika di tanya merk ABC, mungkin memiliki jawaban yg berbeda-beda : bisa sirup, mie, kecap atau batu baterai.
3. Purchase
Apakah konsumen akan menjadikan mereke kita sebagai pilihan utama dalam memilih produk/merk anda
4. Consumption
Seberapa jauh konsumen dapat mengingat merek kita, ketika menggunakan barang/produk dari kompetitor (komparasi)

Membuat merek adalah sebuah proses membentuk, memberi identitas dan meng-komunikasikan produk kita ( Brand Identity ) seberapa konsistenkah kita untuk membangun merek ?
Untuk sekedar mengingatkan saya,tulisan ini sengaja terus akan saya update mengenai bagaimana membangun merek, yah... sama2 belajar lah

Funtastic day

Try Atmojo

Saturday, December 1, 2007

Brand

Merek/Brand atau identitas nama produk anda, jangan pernah menganggap enteng. Karena itu adalah pembeda, ciri yang khusus tentang produk anda. Kalo william Shakespeare bilang "apalah arti sebuah nama" mungkin untuk hal ini sudah nggak relevan lagi.

Coba anda rasakan saat ngopi di Starbucks & bandingkan suasananya dengan ngopi di tempat lain, mungkin rasa kopinya gak jauh beda, tapi saya jamin anda merasa ada " yg beda " sepertinya kelihatan keren & western banget lah..
Atau anda pakai kaos dg logo ( Swash NIKE .. tapi yg ori lho ) ya, sepertinya kita kelihatan pede banget,padahal kalo dari segi kualitas nggak beda jauh dg produk lain yg lebih murah/bukan merek terkenal.

Itulah hebatnya Merek. Ia adalah intangible asset, tak berwujud, tapi punya value.Bagaimana Merek perusahaan2 itu bisa mendunia sedemikian kuat dan bertahan sampai kini ? Mereka secara konsisten membangun ,berproses,edukasi, trial & eror . Terus memperbaiki kualitas, membangun trust & komunikasi kepada pelanggan2nya.

Bagaimana membuat merek kita lebih ber"identitas" dari pada yg lain :

1. Tetapkan karakter atau tema yg akan digunakan
2. Membuat interest inside/ USP merek anda. Karena setiap kelompok pelanggan
punya kesimpulan yg berbeda2 tentang produk anda
3. Assesment atau evaluasi periodik terhadap merek
4. Komunikasi yg konsisten, penyempurnaan produk dan layanan
( Jangan lupa awarness penting, tapi penjualan juga lebih penting )

So kita harus yakin dengan Merek/Brand kita sendiri, berproses terus ...tidak ada yg tidak mungkin di dunia ini, saat ini mungkin merk kita kurang di kenal, tapi sangat mungkin 5 tahun lagi merek kita bisa masuk jajaran top Brand dunia ...

Try atmojo

Pemanasa Global **

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang lebih cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktifitas manusia.
Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi.
Rata-rata temperatur permukaan Bumi sekitar 15°C (59°F). Selama seratus tahun terakhir, rata-rata temperatur ini telah meningkat sebesar 0,6 derajat Celsius (1 derajat Fahrenheit). Para ilmuan memperkirakan pemanasan lebih jauh hingga 1,4 - 5,8 derajat Celsius (2,5 - 10,4 derajat Fahrenheit) pada tahun 2100. Kenaikan temperatur ini akan mengakibatkan mencairnya es di kutub dan menghangatkan lautan, yang mengakibatkan meningkatnya volume lautan serta menaikkan permukaannya sekitar 9 - 100 cm (4 - 40 inchi), menimbulkan banjir di daerah pantai, bahkan dapat menenggelamkan pulau-pulau.
Beberapa daerah dengan iklim yang hangat akan menerima curah hujan yang lebih tinggi, tetapi tanah juga akan lebih cepat kering. Kekeringan tanah ini akan merusak tanaman bahkan menghancurkan suplai makanan di beberapa tempat di dunia. Hewan dan tanaman akan bermigrasi ke arah kutub yang lebih dingin dan spesies yang tidak mampu berpindah akan musnah. Potensi kerusakan yang ditimbulkan oleh pemanasan global ini sangat besar sehingga ilmuan-ilmuan ternama dunia menyerukan perlunya kerjasama internasional serta reaksi yang cepat untuk mengatasi masalah ini.

** di kutip dari beberapa sumber

Ya..melihat kejadian akhir2 ini terutama di Jakarta, sungguh sangat terasa anomali cuaca yg kita rasakan, hujan semakin lebat disertai dengan angin, kalupun panas terik, luar biasa panasnya, 38 derajat Celcius rata2, kulit seperti di tusuk2. Hm prihatin juga, kok Jakarta bisa se panas ini.
Ingat juga kan kemarin ... tol menuju airport dan daerah pluit/Muara baru banjir, lucunya lagi pas cuaca lagi terik2nya, sedikit juga itu akibat perubahan iklim yg makin "kacau"

Akhir2 ini saya lagi banyak belajar, baca buku & literatur, diskusi dan kumpul2 dg para pemerhati lingkungan, ya sepertimya mutlak saya harus mengerti deh, karena Tema Campaign tentang lingkungan ini yang akan saya pakai untuk mengembangkan produk distro saya RAXZEL ya biar ada konsep atau ruh nya.

Barangkali di mulai dg hal kecil seperti ini kita bisa lebih sadar, akan pentingnya menjaga lingkungan.

Fuuuntastic


Try Atmojo
Raxzel
TOGETHER..WE CAN BUILD A BETTER WORLD