Tuesday, December 4, 2007

Brand Awarenes

Adalah tingkatan sejauh mana konsumen dapat mengingat merk kita. Bagaimana kita bisa menciptakan aktifitas marketing yg tepat untuk membuat merk kita lebih di kenal dan gampang di ingat konsumen. Ada beberapa indikator yg dapat di gunakan :

1. Recall
Seberapa jauh konsumen dapat mengingat ketika mereka di tanya merek apa saja yg mereka ingat. Top Of Mind adalah salah satu cara untuk mengukur brand recall
2. Recognition
Sejauh mana konsumen mengenali merk tersebut dalam satu kategori tertentu : Mungkin kita lebih mengenal Aqua sebagai air mineral, tapi ketika di tanya merk ABC, mungkin memiliki jawaban yg berbeda-beda : bisa sirup, mie, kecap atau batu baterai.
3. Purchase
Apakah konsumen akan menjadikan mereke kita sebagai pilihan utama dalam memilih produk/merk anda
4. Consumption
Seberapa jauh konsumen dapat mengingat merek kita, ketika menggunakan barang/produk dari kompetitor (komparasi)

Membuat merek adalah sebuah proses membentuk, memberi identitas dan meng-komunikasikan produk kita ( Brand Identity ) seberapa konsistenkah kita untuk membangun merek ?
Untuk sekedar mengingatkan saya,tulisan ini sengaja terus akan saya update mengenai bagaimana membangun merek, yah... sama2 belajar lah

Funtastic day

Try Atmojo

No comments: