Saturday, December 1, 2007

Pemanasa Global **

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang lebih cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktifitas manusia.
Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi.
Rata-rata temperatur permukaan Bumi sekitar 15°C (59°F). Selama seratus tahun terakhir, rata-rata temperatur ini telah meningkat sebesar 0,6 derajat Celsius (1 derajat Fahrenheit). Para ilmuan memperkirakan pemanasan lebih jauh hingga 1,4 - 5,8 derajat Celsius (2,5 - 10,4 derajat Fahrenheit) pada tahun 2100. Kenaikan temperatur ini akan mengakibatkan mencairnya es di kutub dan menghangatkan lautan, yang mengakibatkan meningkatnya volume lautan serta menaikkan permukaannya sekitar 9 - 100 cm (4 - 40 inchi), menimbulkan banjir di daerah pantai, bahkan dapat menenggelamkan pulau-pulau.
Beberapa daerah dengan iklim yang hangat akan menerima curah hujan yang lebih tinggi, tetapi tanah juga akan lebih cepat kering. Kekeringan tanah ini akan merusak tanaman bahkan menghancurkan suplai makanan di beberapa tempat di dunia. Hewan dan tanaman akan bermigrasi ke arah kutub yang lebih dingin dan spesies yang tidak mampu berpindah akan musnah. Potensi kerusakan yang ditimbulkan oleh pemanasan global ini sangat besar sehingga ilmuan-ilmuan ternama dunia menyerukan perlunya kerjasama internasional serta reaksi yang cepat untuk mengatasi masalah ini.

** di kutip dari beberapa sumber

Ya..melihat kejadian akhir2 ini terutama di Jakarta, sungguh sangat terasa anomali cuaca yg kita rasakan, hujan semakin lebat disertai dengan angin, kalupun panas terik, luar biasa panasnya, 38 derajat Celcius rata2, kulit seperti di tusuk2. Hm prihatin juga, kok Jakarta bisa se panas ini.
Ingat juga kan kemarin ... tol menuju airport dan daerah pluit/Muara baru banjir, lucunya lagi pas cuaca lagi terik2nya, sedikit juga itu akibat perubahan iklim yg makin "kacau"

Akhir2 ini saya lagi banyak belajar, baca buku & literatur, diskusi dan kumpul2 dg para pemerhati lingkungan, ya sepertimya mutlak saya harus mengerti deh, karena Tema Campaign tentang lingkungan ini yang akan saya pakai untuk mengembangkan produk distro saya RAXZEL ya biar ada konsep atau ruh nya.

Barangkali di mulai dg hal kecil seperti ini kita bisa lebih sadar, akan pentingnya menjaga lingkungan.

Fuuuntastic


Try Atmojo
Raxzel
TOGETHER..WE CAN BUILD A BETTER WORLD