Thursday, March 13, 2008

Entrepreneur : Visioner,Manager & Spesialis


Sebagai seorang pelaku usaha yang masih kecil dan terus berkembang , kita di hadapkan pada persoalan yang biasanya sangat kompleks.

Sebagai enterpreneur pemula kita di “paksa” harus mempunyai kombinasi dari beberapa type kepribadian : dari type spesialis, manajer dan visioner.

Dalam memulai usaha , biasanya kita awali dari hobi atau dari kemampuan skill kita yang kita yakin sangat menguasainya, misal:mekanik, programmer, ahli masak dll. ( sebagai seorang spesialis )

Sebagai Manajer, mungkin kita tidak harus menguasai kemampuan tertentu seperti spesialis, tetapi mampu mengawasi dan menjalankan system dalam perusahaan.

Sebagai Visioner, kemampuan kita dalam melihat ke depan , mampu memprediksi dan membuat strategi besar dalam membawa perusahaan melompat lebih maju.

Yang unik adalah, ketiga kepribadian tersebut sangat di butuhkan untuk menjalankan perusahaan, baik skala kecil, menengah ataupun korporat.

Saat ini mungkin kita masih merasakan bahwa ketiga kepribadian itu semua ada dalam diri kita, dari mulai membuat big picture bagaiman usaha kita 5 atau 10 tahun ke depan, dan mencari ide2 kreatif (visioner) sambil mengatur bagaimana mengimplementasikannya (manajer) dan membantu mempersiapkan produk/delivery (spesialis).

Itulah tantangan & aspek terpenting dalam usaha kita. Bagaimana kita dapat mensinergikan ketiganya dengan konsisten.

Oleh karena itu, seiring dg berkembangnya usaha kita, biasanya kita mulai merekrut/ mendelegasikan hal2 yang sifatnya spesialis dan manajerial.

Tugas kita sebagai owner mungkin sedikit lebih ringan, tinggal bagaimana kita membuat sistem kerja dan kontrol. Tidak lagi terjebak dalam area spesialis.

Tinggal konsentrasi merancang strategi, ide dan hal – hal baru.

Semoga bermanfaat


Try Atmojo

No comments: