Friday, March 14, 2008

Jangan takut mahal


Berapakah harga jual produk anda ? Murah , Sedang, Mahal atau Sangat mahal ?

Penetapan harga jual, ternyata tidak hanya melulu di pengaruhi oleh komponen biaya produksi/pokok + biaya variabel di tambah lagi dengan besaran margin.

Pernahkah anda mencoba bereksperimen menambahkan dengan “ harga persepsi konsumen “ ?

Ini yang menarik dan saya coba terapkan dalam bisnis distro dan clothing saya RAXZEL. Kadang konsumen kurang tertarik dengan harga yang secara matematis menurut saya realistis alias wajar, tetapi respon konsumen malah biasa-biasa saja.

Lain hal apabila, produk yg sejenis tersebut saya tetapkan dengan harga lebih mahal , ternyata persepsi konsumen malah dapat “menerima” harga tersebut.

Untuk membangun “ harga persepsi konsumen” , tentu saja banyak faktor yang sangat berpengaruh. Selain kualitas produk, kemasan, komitmen pelayanan , juga faktor kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Siapa target market anda ? Apakah nilai tambah produk anda ?

Untuk produk dengan segmen pasar menengah-bawah, biasanya persaingan harga menjadi lebih sengit. Kenyataan ini, pada gilirannya, kerap menjebak kita untuk menjual murah, dengan margin yang sangat tipis. Terkadang malah draw he...he....

Kalau sudah seperti ini bisa jadi profit marginnya tipis meskipun volume penjualan bergerak naik.

Untuk menjual produk dengan harga lebih mahal ke konsumen menengah-atas, memang memerlukan biaya investasi dan operasional lebih besar serta proses yg panjang. Namun, jika berhasil, semua itu bisa tertutup dengan perolehan margin laba yang besar pula.

Jangan sampai kita terjebak dalam pemikiran: konsumen membeli, hanya karena harga murah. Harga memang penting, tapi bukan segala-galanya.

Jadi .. mungkin anda perlu merevisi harga produk anda ??



Salam fuuuntastic



Try Atmojo

NB : Website saya RAXZEL masih dalam tahap penyempurnaan, terima kasih apabila anda mau memberi comment atau review di shoutbox saya.

2 comments:

Sonny Sofiatno said...

Mengutip kalimat Pak Try ...

"Harga Presepsi Konsumen" , bagaimana cara nya kita bisa mengetahui hal tsb ?

Sedangkan Konsumen selalu menuntut harga yang lebih murah tentunya juga mengharapkan kualitas yang baik juga..., terjadi juga di tempat saya bekerja di mana toko-2 tersebar di banyak lokasi dan mengalami hal-2 yang kita anggap kecil tetapi sangat berharga buat konsumen... selisih harga sangat menentukan omzet penjualan, basket size, struk per day dsb... dsb...

Btw. lokasi distro nya dekat nih... boleh ya pak sewaktu-waktu kami mampir untuk belanja dan diskus , sharing pengalaman.


Terima Kasih
Sonny Sofiatno
www.hargadiskon.com
Taman Permata Cipondoh Blok I / 19
Tangerang 15148, Banten
0818712234, 08881819234

Try Atmojo said...

Betul pak, konsumen selalu menuntut yang ter-( murah,bagus dll )
Mungkin tidak semua product bisa di ciptakan harga spt itu (terutama komoditi)
Tetapi asal produk kita punya USP dan kita bisa komunikasikan ke target pasar, bisa juga di coba.

Silahkan mampir pak, wah webstore nya keren ya.

Try Atmojo