Wednesday, March 12, 2008

Tetap optimis

Senin kemarin ( 10/3 ) , saya di undang oleh BCA Prioritas untuk mendengarkan paparan beberapa produk mereka. Ada beberapa hal menarik yang sempat saya catat mengenai Overview kondisi makro ekonomi saat ini.

Beberapa indikator kondisi perekonomi tersebut, dapat di lihat antara lain :

- Kecenderungan penurunan tingkat suku bunga SBI (saat ini 8 % )
- Menaiknya cadangan bank ( likuiditas dan kredibilitas makin baik )
- Ekonomi lokal yg makin kuat ( pertumbuhan kelas menengah )
- Rupiah yg stabil
- Tingginya harga komoditas
- Pertumbuhan region Asia yg makin kencang yg di motori oleh China & India

Pada dasarnya perekomomian indonesia sekarang ini, tidak terlalu terpengaruh dengan gejolak resesi yg terjadi di Amerika. Tidak seperti thn 97 dulu, cadangan devisa indonesia saat ini berkisar $ 56 miliar, yang cukup mantap untuk menjaga pertumbuhan ekonomi sesuai target pemerintah sebesar 6,5%,
Demikian rangkuman analisa dari beberapa pakar yang hadir di BSD Golfsiang itu.

Lalu apa efeknya dengan kita sebagai pelaku bisnis UKM ? tanya saya dalam hati .. he.. he

Ya mungkin paling tidak saya punya semacam guidance lah untuk membuat planning ke depan,dan tetap optimis dengan segala kondisi ekonomi apapun.

Bisa saja saya mengeluh, menyalahkan keadaan atau mencari alasan . Di tengah gencarnya berita di media, minyak goreng naik... terigu...gula....daya beli turun ........bla...bla........

Lagi lesu lah..... banyak saingan lah........si A itu juga pernah bangkrut lah ......... dll

So what gitu loh... ?????

Coba kita maknai dengan cara pandang yang berbeda ... dengan keyakinan dan optimisme . Kalau orang bilang : peluang itu ada di mana-mana, tinggal bagaimana kita menjemputnya.


Semoga bermanfaat


Try Atmojo

1 comment:

nines widosari said...

saya baru memulai bisnis garment.masih banyak sekali kendala. terutama memperbesar kapasitas produksi. karena saya juga belum punya modal besar. sementara permintaan dipasar mulai banyak. Http://refanes.wordpress.com
mohon sarannya