Dalam bisnis retail seperti distro atau toko baju muslim misalnya, tidak mungkin staf atau penjaga toko dapat mengikuti/menguntit customer terus saat dia melihat-lihat display barang.
Disamping dapat membuat si customer kurang nyaman, yg akhirnya malah customer tidak leluasa dalam memilih atau merasa di curigai.
Di sini kita perlu in-store communication yg dapat berupa papan petunjuk,tulisan, keterangan atau diskripsi singkat sebuah produk, yang bertujuan memudahkan customer untuk mengerti/memahami produk ( tidak perlu tanya2 ).
Komunikasi in-store dapat tersebut dapat berupa :
1. Promotional signs, yg menginformasikan tentang produk, harga, dll. Misal : New arrival, Best buy, Last stock, Limited edition, Discount ...dll
2. Locational signs, yg berupa petunjuk lokasi, misal : Fitting room, kasir dll
3. Institutional sign, berupa informasi kebijakan toko yg perlu di ketahui pelanggan < misalnya : Garansi uang kembali... apabila....
Papan petunjuk harus di buat cukup jelas, singkat dan mudah di mengerti, dengan menggunakan pilihan kata harus bermakna tunggal.
Hindari juga penggunaan kata2 negatif atau "mengancam" atau memberi sanksi kepada customer.
Semoga bermanfaat
Try Atmojo
Tuesday, January 22, 2008
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 comment:
Salam Pak....
Tulisan2 Anda menarik... dan berkualitas.. maka dr itu saya minta izin posting di forum utk tulisan2 Anda.
trmksh
Syania
www.pengusaha-indonesia.com
Post a Comment