Saturday, July 14, 2007

Jadi EDAN juga...

Akhirnya kesampaian juga saya ikut workshop EDAN ini. Bermula dari rasa penasaran saya yang selalu membaca tulisan dan tips2 dari Pak Ikhwan Sopa ini.

Apakah anda sering merasa minder,gugup ,cemas atau bahkan berkeringat saat anda berbicara di depan umum ? Ya semua orang pasti pernah mengalaminya, tapi hal ini alamiah sekali, karena semua orang memilikinya, hanya mungkin berbeda2 cara orang untuk menkontrolnya. Saya belajar banyak tentang apa itu Energy, Dignity, Ancipation dan Nothing to loose ( E.D.A.N ).

Kemampuan berkomunikasi sangat berpengaruh sekali terhadap kita sendiri, bagaimana kita menyikapi persoalan baik dalam berbicara atau dalam konteks kita berbisnis. Terkadang kita selalu ragu dalam mengambil keputusan, atau selalu ingin sempurna dalam setiap hal, segala sesuatu selalu kita menuntut hal yg ideal & sempurna , yang kadang membuat kita terjebak dan menunda2 hal yg jauh lebih penting. Pasti kita sering mengalami hal ini.

Kita adalah kita sendiri bukan orang lain, jadi kombinasi dari expertise , trustworty & likeability kita, adalah paling unik di dunia. Apa yang membuat orang lain harus percaya dan tertarik dengan kita atau mau berbisnis dg kita ? Ini yang selalu harus kita tingkatkan. Hmm .. menarik sekali.

Ibarat pesawat yg mau take off, posisi kita sudah di runway, tinggal bagaiamana kita mengatur kecepatan agar mencapai tingkat kecepatan tertentu agar kita bisa terbang.

Tentukanlah titik Breaktrough, saat di mana kita mencapai sesuatu hasil yg sangat dramatis dalam bisnis atau hidup kita.

Salam funtastic dan E.D.A.N



Try Atmojo

No comments: