Friday, April 13, 2007

Membangun sistem ...

Salah satu tujuan kita membangun bisnis adalah, bisnis tersebut dapat tumbuh berkembang dan menguntungkan tanpa setiap hari kita harus campur tangan di dalamnya. Seperti definisi dari Brad Sugars. Bagaimana kita membangun sebuah sistem dari mulai sistem proses bisnis, sistem SDM, sistem keuangan, sistem marketingnya dll.

Sistem harus mampu menangani hal2 yang sifatnya rutinitas ataupun kemungkinan yang tak terduga, dan hampir pasti semua hal yg rutin dapat kita delegasikan ke karyawan.

Seperti bisnis handphone saya sendiri , dari dulu saya terus belajar dan menyempurnakan bagaimana membuat sistem kerja yang bagus dan dapat dikontrol dg mudah. Dari mulai buka dan tutup toko, absensi karyawan, transaksi, laporan penjualan ,komplain pelanggan dan lain-lain. Bentuk kontrol laporanpun ada yg harian,mingguan,2-mingguan,bulanan, bisa juga via sms, email dsb.

Dan sampai sekarang alhamdulillah bisnis hp saya baik2 saja, malah sekarang saya lagi intens ekspan ke bisnis distro.

Karena saya beranggapan, sekecil apapun bisnis kita, harus di manage dg profesional. Akan lebih bagus kalau kita, fokus ke hal2 yang lebih besar saja , misalnya pengembangan bisnis. Atau men-create market baru.
Bukan lagi kita malah terjebak BEKERJA atau menjadi MANAGER pada bisnis kita sendiri... he...he...

Semoga bermanfaat

Salam Fuuuuntastic

Try Atmojo
www.tryatmojo.blogspot.com

1 comment:

Dadan Gumbira Pramudia said...

Salam kenal pak... blog yang bagus. Mudah-mudahan saya dapat "membangun sistem" sebagaimana sukses bapak.

Salam

Dadan GPramudia
www.visipram.blogspot.com