Sunday, January 1, 2012

Know Your Numbers


Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, bagaimana dengan rapot bisnis anda di tahun kemarin ? merah atau Biru ? Pas pasan, over target atau malah kedodoran dan ngos2an untuk menutup tahun 2011 dg manis ?

Apapun pencapaian itu, niscaya anda sudah maksimal untuk menggapainya, memang kondisi iklim dan kompetisi bisnis sekarang semakin riuh, semakin banyak “crackers” yg tidak anda sadari menggerus omzet & market share bisnis anda,  makin banyak pemain2 baru dg segala kreatifitas dan differensiasinya.

Bagi anda yg sudah malang melintang di bisnis, awal tahun biasanya saat yang tepat untuk mengevaluasi pencapaian  bisnis tahun lalu, mulai sibuk dengan angka, grafik, persentase dan indikator lain. Satu hal yg paling essensial dalam menjalankan bisnis, tidak peduli seberapa ukuran bisnis anda, anda wajib tahu dan ngeh tentang angka2.
Ibarat permainan sepak bola, anda wajib tahu skor pertandingan, kapan saatnya anda menaikan tensi serangan, kapan saatnya anda bertahan, kapan saatnya anda ganti striker.

Anda yang bergerak di sektor trading, retail atau manufaktur, saya yakin anda fasih dan fluent memahami yg namanya : gross sales, nett sales, inventory, inventory turn over, COGS (hpp), nett margin, gross margin, profit dll . Saya yakin anda juga “nglothok” dg rasio2 keuangan dan istilah2 seperti : BEP, ROA, ROE  dll.
Kalupun anda merasa masih belum begitu paham dg istilah dan maksud dari angka2 tersebut, segeralah sadar  dan kembali ke jalan yg benar J Saya yakin anda akan “terpesona” atau malah “terkaget kaget “ dg performance bisnis anda selama ini.

Jangan sampai anda ignorance/abai dg hal2 yg essensial seperti ini, saya selalu teringat nasehat mentor saya “ Sesuatu yg  tidak bisa anda ukur, niscaya sulit utk di tingkatkan “
Di tengah optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia dan semakin bergairahnya konsumsi kelas menengah, yuk .. kita mulai tahun ini dengan strategi yg lebih thokcer utk membuat bisnis kita selalu growth.

Selamat Tahun baru 2012 …


Try Atmojo
www.raxzel.com

1 comment:

Michelle Nia Varellina said...

mohon di cek alamat web dibawah ini:

www.flexterkita.com

mari kita selamatkan bumi! bukan hanya kita ber investasi tetapi juga kita ikut menyelamatkan dunia. jika anda ikut menanam pohon tsb dan anda menjalankan nya, otomatis anda mendapat keuntungan. tetapi jika anda tidak menjalankan nya ANDA TIDAK AKAN BANGKRUT SAMA SEKALI. jika anda tertarik ataupun ingin bertanya seputar bisnis ini bisa langsung hubungi saya. +6281316246235 terimakasih 😊