Friday, July 16, 2010

Mimpi punya The Dream Team

Bersyukur sekaligus terima kasih dengan kelompok mastermind saya, yang sukses "membajak" mas Yodhia Antariksa untuk sharing tentang SDM. Mas Yodhia adalah seorang yg expert di bidang Human resources yang sekaligus pemilik blog : http://www.strategimanajemen.net salah satu blog yg aktif mengupas masalah2 manajemen corporate dan human resources.

Masalah sdm di bisnis ukm, memang masih klasik. Dari mulai proses rekruitmen, interview,training sampai sistem remunerasi, incentive dan jenjang karir masih sporadis semua berdasarkan kebutuhan sesaat, tanpa planning.

Berbeda dengan perusahaan2 besar yang memang sudah mempunyai divisi khusus ttg HR Development. Pengalaman saya sendiri dalam mengelola karyawan sangat beragam, kadang malah kelihatan konyol ( *ngaku* )

1. Tidak punya planning ttg kebutuhan sdm, dari mulai kriteria, jumlah dan kapan waktu yg tepat utk rekruitmen.

2. Pola rekruitmen masih tidak jauh jauh dari patron kekeluargaan, IMF (istri,mertua,family )

3. Mengabaikan kompetensi karena faktor kekeluargaan, merasa tidak enak padahal secara kriteria dan skill jauh dari yg di butuhkan

4. Kesulitan mencari kandidat, krn bagi calon pelamar, perusahaannya tidak menarik/tidak bergengsi baik secara karir atau secara besaran gaji

5. Stress karena merasa "tak kuasa" dan tidak berani memecat karyawan yg notabene tidak perform, karena alasan kekeluargaan atau persahabatan

6. Karyawan tidak pernah tahu, tujuan, visi misi dan target yg di inginka oleh perusahaan. Ibarat main sepak bola para pemainnya tidak tahu posisi skor dan harus mencetak gol berapa biar menjadi pemenang.

7. Tidak punya job discription yg jelas, karyawan bisa di suruh apa saja sesuai intruksi si boss

8. Tidak pernah melakukan evaluasi rutin kinerja karyawan, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan karyawan

Pertemuan mastermind dengan mas Yodhia kemarin telah mengingatkan saya bahwa persoalan SDM di bisnis ukm masih banyak sekali kekurangan2nya. Membangun dan mengelola SDM memang perlu strategi perencanaan jangka panjang, butuh komitmen yg tinggi utk "membangun the dream team "

Kita selalu menginginkan orang2 terbaik bagi perusahaan kita TETAPI siapkah perusahaan kita menjadi perusahaan TERBAIK bagi mereka, yg bisa memberi ruang bagi mereka, utk mengembangkan talent2 terbaiknya, menggosok dari batu dan menjadikan mereka permata.

Menjadi perusahaan seperti Citibank, yg sukses mencetak SDM hingga selalu di buru alumni2nya


Semoga bermanfaat

Try Atmojo

www.tryatmojo.blogspot.com
www.raxzel.com
www.twitter.com/tryatmojo
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Posted via email from tryatmojo's posterous

1 comment:

RAFFClothing said...

Salam kenal pak...insya Allah tgl 1 besok ketemu di sby...Artikel ini saya banget..makanya serasa disindir habis2xan...makasih banyak ya infonya