Monday, January 11, 2010

Efektifitas event sale

Hampir setiap akhir pekan ,nyaris semua koran menampilkan iklan satu halaman full color, produk produk sale dari berbagai hypermarket, dari mulai produk sehari hari seperti beras, minyak goreng sampai dengan produk elektronik hi tech seperti LCD atau gadget tertentu.

Seberapa sering sih sebetulnya perlu mengadakan event Sale seperti itu ? Mungkin untuk retailer2 raksasa seprti itu hampir tidak ada masalah,disamping jenis barangnya lengkap dan bervariasi dari fast moving sampai dengan barang2 yang hanya sesekali di beli dlm seumur hidup.

Tetapi dalam industri retail lain yang berbeda, mungkin akan sangat tidak efektif apabila event sale seperti itu terlalu sering di selenggarakan.

Kita perlu melihat life cycle pembelian produk yang kita jual, yaitu kebiasaan pembelian customner dari pembelian satu ke pembelian berikutnya, apabila rentang waktunya cukup lama, maka event sale yang terlalu vulgar dan berulang ulang akan sangat tidak efektif, yang pada akhirnya dapat menurunkan image toko kita.

Apalagi dalam industri retail fashion ( distro ) khususnya :-) semakin kita sering mengadakan event sale yang rutin dan berulang ulang apalagi dengan promosi yang berlebihan, akan sangat terasa sekali terhadap image brand atau toko kita dalam jangka panjang.

Dari bebrapa pengalaman saya sendiri, ada beberapa hal yang selalu di pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengadakan event sale :

1. Hanya event2 special, misalnya grand opening, end Year dll

2. Perencanaan yang tepat, dari mulai strategi promosi
sampai dengan target2 yang harus di capai

3. Berorientasi jangka panjang, tidak harus melulu dan memaksakan event apabila
tidak dengan perencanaan yang matang.


Salam sukses

Try Atmojo
Owner : www.raxzel.com

No comments: