Thursday, March 15, 2007

Laverage-kan Bisnis Anda

Laverage adalah daya ungkit, atau faktor kali.Bagaimana kita menggunakan & memaksimalkan daya ungkit ini pada bisnis kita,agar dengan cara ini, kita dapat lebih efisien namun dengan hasil yang maksimal.
Ada beberapa beberapa jenis laverage yang dapat kita gunakan, antara lain :

1. Other People’s Money ( Uang orang lain )
Dalam beberapa bidang, kita sangat terbantu dengan OPM ini.Bagaimana tidak, kalau kita seorang pengusaha,untuk mengembangkan bisnis (buka cabang, membeli kios/ruko dll ) kita akan sangat terbantu dari perbankan atau investor. Contoh lain misalnya, kita punya webstore,sangat mungkin si pelanggan bayar lunas dulu, baru akan kita carikan barangnya dan kita kirimkan. Low risk atau bahkan No Risk.
2. Other People’s Experience ( Pengalaman Orang Lain )
Dalam menjalankan bisnis kita, akan jauh lebih cepat akselerasinya apabila kita belajar kepada orang lain yang sudah terbukti sukses di bidang tersebut.
Mungkin tidak harus belajar atau ketemu langsung , bisa dengan belajar melalui buku2 nya,sharing pengalamannya.Dan kita akan jauh menghemat waktu, di bandingkan harus trial and eror sendiri.
3. Other People’s Time ( Waktu Orang Lain )
Tidak mungkin semua proses bisnis kita, akan kita handle sendiri.Team sangatlah penting, karena ternyata masih banyak orang yg profesional di bidangnya yang siap “menjual” waktu,skill dan knowledgenya untuk membantu menDongkrak bisnis kita.
4. Other People’s Idea ( Ide Orang Lain )
Peluang dan ide bisa dapat dari mana saja, tapi tahapan selanjutnya adalah seberapa cepat ide tersebut dapat di eksekusi menjadi sebuah bisnis .
5. Information Technology
Dunia terus bergerak sangat cepat,bagaimana kita memanfaatkan kecanggihan alat2 modern seperti ini. Ya .. hampir nyaris kita sangat tergantung dengan yang satu ini, mulai dari kalkulator,komputer & software nya, email,internet, sms gateway dll. Maksimalkan technologi ini untuk meLeverage bisnis kita. Sebentar lagi dunia akan memasuki Era baru: The World is Flat & Borderless
6. Media
Sarana paling cepat dan instan untuk mendongkrak bisnis kita. Televisi, Majalah, Tabloid dll. Sudah banyak teman2 kita yang langsung melejit, begitu di ekpos melalui media ini. Terpenting dalam hal ini adalah : SIAPA YANG KENAL ANDA bukan anda kenal siapa !

Setiap jenis bisnis mungkin berbeda faktor kali atau leveragenya, dan di setiap bisnis pasti ada faktor pengungkitnya. Pertanyaannya adalah : Sudahkah anda menemukan dan maksimalkan faktor kali bisnis anda ???


Salam Fuuuuntastic

Try Atmojo
www.tryatmojo.blogspot.com

1 comment:

Erlina Ayu said...

sharingnya ok banget pak. salam kenal saya dari member TDA Bandung.