Monday, July 14, 2008
Brand : Antara Nilai Fungsional & Nilai emosional
Nilai Fungsional
Sebuah produk atau brand akan sangat mudah di nilai dari segi fungsionalnya saja, yaitu nilai yang di dapat dari atribut produk yang memberikan kegunaan (utility) fungsional, yang secara langsung dapat di rasakan oleh customer.
Hal ini terkait juga dengan kualitas, benefit yang di komunikasikan kepada customer, misalnya :
* Minyak goreng Filma, adalah minyak goreng paling jernih, karena di lakukan dengan 2 kali penyaringan.
* Air mineral Aqua, adalah air mineral yang sehat, karena di ambil langsung dari mata air pegunungan
* Dengan tehnologi VTEC & Hybrid mobil keluaran Honda, adalah mobil yang sangat irit dan ramah lingkungan
Produk / brand yang memiliki keunggulan secara fungsional sangat berpeluang menjadi dominan di kategori tertentu, akan tetapi dalam era kompetisi seperti sekarang ini, manfaat atau fungsi spt ini sangat gampang untuk di tiru oleh pesaing.
Seperti kasus pada A Mild, pada awal peluncurannya, rokok ini mengkomunikasikan sebagai rokok rendah tar dan nikotin, akan tetapi setelah itu hampir semua produsen rokok mengklaim hal serupa, dengan sendirinya asas manfaat seperti ini sudah tidak efektif sebagai pembeda dengan yang lain.
Nilai Emosional
Bagaimana membangkitkan perasaan positif pada saat customer membeli atau menggunakan produk kita, sampai pada tingkatan customer mempunyai persepsi positif emosional tentang produk/brand kita, misalnya :
* Pribadi sukses dengan BMW
* Jiwa adventure dengan Marlboro/Djarum
* Cantik dengan Avon
* Maskulin & Ekslusif dengan interior DavinCi
* Urban Stylish , dinamis dengan Zara
* Extreme sport dengan Quiksilver
& dan lain-lain
Nilai emosional dan persepsi berkaitan juga langsung dengan nilai fungsional,
Jadi jangan bicara membangun nilai emosional sebelum masalah nilai fungsional (lengkap dengan kualitas,komitmen,konsistensi dll ) telah selesai kita bangun.
Sebuah brand yang kuat dan bertahan lama , rata-rata memiliki nilai fungsional yang sudah teruji dan mempunyai identitas emosional paling kuat.
Membangun Brand adalah sebuah Investasi !
Semoga bermanfaat
Try Atmojo
08128523333
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 comment:
"FINANCIAL REVOLUTION 3 JAM Bersama TUNG DESEM WARINGIN"
#PELAKSANAAN:
MINGGU, 28 Juni 2009
Jam 08.00-14.00 wib
Sumaryo Ballroom of the SUNAN HOTEL Surakarta (SOLO)
#FASILITAS:
1. Sertifikat
2. Lunch
3. Doorprize
4. Seminar Kit
#HTM
MAHASISWA Rp 195.000 / Rp 225.000 (on seat)
UMUM Rp 275.000 / Rp 300.000 (on seat)
VIP Rp 450.000 / Rp 500.000 (on seat)
Pendaftaran dan Pembayaran:
1. Datang Langsung ke Sekretariat BEM FK UNS
Jln. Ir. Sutami 36A, Jebres Surakarta
2. Via Transfer ke Bank Mandiri
a/n : Etika Andi Rakhman
a/c : 1410004736393
3. Via Email : " seminartdw_bemfkuns@yahoo.com
(menyertakan bukti pendafataran)
#Contact Person:
1. FX NANA SUTONO 085641567574
2. TIKA 085262660037
3. CHAIRUNNISA 085642257534
LIMITED SEAT for 400 persons
Post a Comment