Saturday, March 21, 2009

Young Entrepeneur Awards


Harian Bisnis Indonesia & Bank Commomwealth bekerja sama untuk mengadakan YEA yg telah memasuki tahun ke-3, apa saja syarat, ketentuan dan manfaatnya bagi kita ??
Silahkan lihat di sini : Young Enterpreneur Awards

Muda-mudahan bermanfaat, umtuk pengembangan dan akselerasi bisnis anda.

Try Atmojo

Wednesday, March 18, 2009

Relokasi Distro

Pemilihan lokasi ditro ternyata juga gampang-gampang susah lho...terbukti untuk yang kedua kalinya saya me-relokasi salah satu distro saya "Zerolabel".
Lokasi sebelumnya sewa di mall dengan ukuran yg jauh lebih kecil di banding yang sekarang. Memang traffic pengunjungnya tinggi ,tetapi transaksinnya sih biasa-biasa saja.

Ternyata untuk bisnis retail (fashion) sangat di pengaruhi oleh luas area untuk display barang dagangan,semakin luas tempatnya memang semakin banyak barang yg di display juga , yg artinya makin banyak customer dapat melihat dan memilih-milih barang.

Idealnya memang luas outlet vs omzet harus berbanding lurus, berapa M2 menghasilkan omzet berapa, bisa antara 30.000 - 50.000/m2 per hari

Memang kalau di mall, kita nggak di pusingkan lagi bagaimana mendatangkan lead/pengunjung, karena otomatis dari pengelola mall yang mendatangkan, beda sekali dengan di luar mall ( Independent store ) kita di tuntut creative dan berusaha mendatangkan pengunjung. Memang sih...sebetulnya bisnis distro ini "culture" lokasinya lebih pas di luar mall. Karena biasanya distro itu bukan hanya sekedar buat tempat berjualan saja, tetapi sekaligus sebagai tempat ngumpul, ngobrol,kongkow2 anak2 muda.

Salam


Try Atmojo
Owner : www.raxzel.com

Tuesday, December 2, 2008

Mindset breaker


"Selama ini kita hanya selalu menghitung-hitung segala kekurangan kita, jarang sekali kita mensyukuri apa yang telah kita miliki ", kata-kata itu selalu terngiang-ngiang di kepala saya.
Itu salah satu dari ucapan dari Pak Yusef J Hilmi seorang trainer sekaligus seorang "personal enlighment".Beliau telah melanglang nusantara meberikan berbagai pelatihan, diantarannya dari Grapari Telkomsel telah berbicara di depan ribuan orang, dari berbagai profesi.

Alhammdulillah, di tengah kesibukan beliau, masih bisa menyempatkan diri hadir untuk memberi training untuk team saya,pada sesi pertama ini team saya hadir sekitar 35 orang, dari distro maupun dari konter handphone.
Selama ini saya merasa kurang memberikan pelatihan2 seperti ini, yang sering team saya berikan selama ini hanya, skill menjual, pelayanan customer, pengetahuan produk dll.

Minimalnya saya berharap dengan sesi pelatihan ini, dapat merubah mindset,menambah rasa percaya diri, rasa bersyukur dan rasa memiliki terhadap perusahaan, yang pelan tapi pasti berimbas pada peningkatan kualitas pelayanan & penjualan.

Salam sukses


Try Atmojo

Sunday, November 30, 2008

Ngasah gergaji

Sudah tidak kaget lah, kalau bulan-bulan seperti ini aktivitas penjualan di distro lagi sepi, maklum setelah peak season kemarin, biasanya akan mulai menggeliat lagi setelah bulan Februari. Selama ini begitulah pola bisnis yang berhubungan dengan garment atau fashion.

Ini saat yang tepat untuk mencoba inovasi2 baru, memperbaiki kwalitas produksi, menambah varian produk, men-charge kembali semangat & knowledge karyawan, membongkar dan membaca buku2 yang sempat terlantar bahkan belum di buka segel plastiknya, dan "memasang radar" peluang-peluang bisnis baru.

Sayapun mencoba "merasakan menjadi customer" distro saya, untuk mencari dan melihat dari dekat dari sisi customer , apa yang selama ini kurang atau terlewatkan.
Mulai dari sarana parkir, front face distro yang sudah kusam catnya, lampu neon box yang kadang nyala kadang mati, lay out dan rak yang membosankan, visual merchandise yang sudah jadul, antusiasme karyawan dlm melayani dll
Ibarat dokter, saya lagi scanning satu-persatu kondisi distro saya saat ini.

Apakah anda juga lagi ngasah gergaji ... ?


Salam funtastic


Try Atmojo

Saturday, November 22, 2008

Intrade Malaysia 2008



Atas undangan dari pemerintah Malaysia melalui komunitas bisnis TDA , saya di undang untuk menjadi buyer dalam event Incoming Buying Mission yang di selenggarakan oleh Malaysian External Trade Development Corporation MATRADE " semacam lembaga pengembangan ekspor di Indonesia.

Selain pengusaha2 Malaysia sendiri, acara tersebut di hadiri oleh pengusaha2 lebih dari 50 negara yang di undang

Selain acara expo yang menarik, ada juga acara yang lebih seru dari itu, yaitu bisnis matching, saya sendiri mendapatkan jadwal yang cukup padat selama 2 hari berturut-turut, untuk bertemu dengan pengusaha2 garment/clothing Malaysia.

Dari beberapa perusahaan yang kita temui, ada yang menarik untuk saya tindak lanjuti, antara lain : RadioActive sebuah brand clothing yang sudah cukup terkenal di Malaysia, yang produknya tersebar di, Jepang,Amerika,Thailand, Singapura dll.

Tapi banyak juga yang ketemu dg saya, yang jenis bisnisnya tidak nyambung sama sekali..he..he.. ( malah jadi lucu ngobrolnya karena nggak nyambung ).
Dari pengamatan saya, terlihat pemerintah Malaysia sangat serius mendorong pengusaha2nya untuk berorientasi ekspor, semua lini departemen terintegrasi melaksanakan event ini.


Salam sukses


Try Atmojo

Thursday, August 21, 2008

Raxzel on KICKFEST BANDUNG 2008




Gelaran Kreative Independent Clothing Komunity Fest kali ini telah memasuki kota ketiga setelah sebelumnya ada di Yogya,Makassar, kali ini giliran kota Bandung menjadi tuan rumah, acara The Biggest Annual Clothing Expo ini telah terbukti menjadi event yang di tunggu2 oleh kalangan muda pecinta independent local fashion.

Dengan tema "DARE TO DREAM", event kali ini adalah menjadi bagian dari acara HelarFest 2008 yang selama sebulan penuh menampilkan karya2 kreative teman2 dari Bandung, dari berbagai komunitas seperti, fotografi,film,musik,design dll. Sekaligus mengenalkan kota Bandung sebagai "Bandung Creative City"

Acara KICKFEST ini terbilang sangat sukses, melihat jumlah pengunjung yang mencapai hampir 350.000 ribu dalam tiga hari, serta rekor transaksi yang terjadi lebih dari 12 Miliar.

RAXZEL sebagai bagian dari event kali inipun mencatat penjualan yang cukup fantastis, selain itu banyak permintaan untuk menjadi mitra distribusi di beberapa daerah.

Dengan mengusung tema kampanye tentang Global Warming, RAXZEL terbukti mempunyai segmen pasar yang cukup luas, tidak terbatas di kalangan ABG saja, tetapi dari kalangan yang lebih dewasa, kuliahan & pekerja kantoran yang hampir rata2 well educated. ( Baca Liputan : Detik Bandung )


Try Atmojo
08128523333

Monday, July 14, 2008

Brand : Antara Nilai Fungsional & Nilai emosional


Nilai Fungsional

Sebuah produk atau brand akan sangat mudah di nilai dari segi fungsionalnya saja, yaitu nilai yang di dapat dari atribut produk yang memberikan kegunaan (utility) fungsional, yang secara langsung dapat di rasakan oleh customer.

Hal ini terkait juga dengan kualitas, benefit yang di komunikasikan kepada customer, misalnya :

* Minyak goreng Filma, adalah minyak goreng paling jernih, karena di lakukan dengan 2 kali penyaringan.

* Air mineral Aqua, adalah air mineral yang sehat, karena di ambil langsung dari mata air pegunungan

* Dengan tehnologi VTEC & Hybrid mobil keluaran Honda, adalah mobil yang sangat irit dan ramah lingkungan

Produk / brand yang memiliki keunggulan secara fungsional sangat berpeluang menjadi dominan di kategori tertentu, akan tetapi dalam era kompetisi seperti sekarang ini, manfaat atau fungsi spt ini sangat gampang untuk di tiru oleh pesaing.

Seperti kasus pada A Mild, pada awal peluncurannya, rokok ini mengkomunikasikan sebagai rokok rendah tar dan nikotin, akan tetapi setelah itu hampir semua produsen rokok mengklaim hal serupa, dengan sendirinya asas manfaat seperti ini sudah tidak efektif sebagai pembeda dengan yang lain.

Nilai Emosional

Bagaimana membangkitkan perasaan positif pada saat customer membeli atau menggunakan produk kita, sampai pada tingkatan customer mempunyai persepsi positif emosional tentang produk/brand kita, misalnya :

* Pribadi sukses dengan BMW
* Jiwa adventure dengan Marlboro/Djarum
* Cantik dengan Avon
* Maskulin & Ekslusif dengan interior DavinCi
* Urban Stylish , dinamis dengan Zara
* Extreme sport dengan Quiksilver
& dan lain-lain

Nilai emosional dan persepsi berkaitan juga langsung dengan nilai fungsional,

Jadi jangan bicara membangun nilai emosional sebelum masalah nilai fungsional (lengkap dengan kualitas,komitmen,konsistensi dll ) telah selesai kita bangun.

Sebuah brand yang kuat dan bertahan lama , rata-rata memiliki nilai fungsional yang sudah teruji dan mempunyai identitas emosional paling kuat.

Membangun Brand adalah sebuah Investasi !


Semoga bermanfaat



Try Atmojo
08128523333