Tuesday, October 13, 2009

Wanted ! Kepala Toko yg Ideal

Bisnis retail, terutama retail fashion (distro) sebagai ujung paling depan lini penjualan produk produk clothing sangat memerlukan seseorang kepala toko ( store manager ) yang handal, berdedikasi, sales oriented dll

Seorang kepala toko, adalah orang yang langsung memimpin teamnya dalam melayani customer, mencapai target , menjaga image , membangun relasi customer dll.
Memang gampang – gampang susah mencari orang dengan kriteria seperti ini , pengalaman saya sendiri untuk posisi seperti ini sering bongkar pasang 

Apa saja syarat minimal seorang kepala toko :

1. Mampu memimpin team

Walaupun di lingkungan toko tidak banyak jumlah karyawannya, bisa jadi mungkin hanya 3 atau 5 orang saja. Akan tetapi dia harus mampu me-manage teamnya, dari mulai menjaga disiplin kerja, menjalankan S.O.P , laporan penjualan dan keuangan toko, pelayanan customer, mengatur schedule kerja, memotivasi teamnya dll.

2. Berorientasi pada target penjualan

Sebagai lini depan penjualan, kepala toko wajib mengkomunikasikan angka2 target yang di tetapkan perusahaan kepada teamnya tanpa kecuali, serta intens memonitor hasilnya. Mempunyai system dan strategi sendiri untuk mencapainya.

3. Menguasai manajemen Inventory & Merchandising

Ilmu wajib yang harus di kuasai bagi kepala toko adalah manajemen barang. Bagaimana dia mengatur kebutuhan barang, menghitung perputaran, jeli melihat barang mana yang fast moving dan mana yang slow moving atau dead stock. Sehingga mampu menekan cost dan menjaga fleksibelitas pembayaran ke supplier. Membuat schedule & laporan rutin posisi stock barang ( stock opname ).

Selain itu kepala toko juga harus mampu menguasai bagaimana menempatkan/display barang, assortmen, sehingga atmosfir dan suasana toko terlihat nyaman, lengkap dan menyenagkan bagi customer.

4. Membangun relasi & Marketing

Membuat aktifitas dalam menarik customer, berpromosi, berinteraksi serta menjaga hubungan baik dg customer dan lingkungan sekitarnya. Bisa juga dengan menyusun database customer, meminta masukan tentang keadaan toko, barang dan lain-lain.
Menciptakan penampilan toko yang menarik, bersih,nyaman, eye catching sehingga calon customer tertarik untuk datang.

5. Menguasai Negotiation skill

Mampu dan luwes dalam negosiasi baik dengan supplier atau dengan pihak lain ( misalnya join promotion, membuat perjanjian consignment barang dll ) Sehingga dapat meningkatkan sales/margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.

6. Administrasi

Administrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan barang, bersumber dari penaganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan 1 day administration, artinya tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga.

Percuma juga salesnya tinggi tetapi angka kehilangannya barangnya juga tinggi.
Kepala toko harus menguasai area toko, area yang rawan tindak pencurian dari customer, atau kebiasaan2 karyawan yang dapat menimbulkan kehilangan barang, mengingat bisnis retail fashion memangae ratusan bahkan ribuan artikel & varian produk


7. Mempunyai commonsense yang tinggi

Kepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah karyawan, operasional took, customer, supplier maupun pihak external lainnya . Jangan menunda masalah, seandainya bisa selesaikan segera kenapa harus ditunda.

Betapa idealnya mempunyai Kepala toko seperti itu , akan tetapi memang tidak mudah membentuk karakter2 tersebut, perlu waktu, pelatihan intensif, komitmen dan kesabaran kita sebagai owner.

O ya ada yang tertarik mau melamar posisi tersebut ?? silahkan email CV nya ke : try_atmojo@yahoo.com

Salam sukses

www.tryatmojo.com
www.tryatmojo.wordpress.com
www.posterous.com/tryatmojo

4 comments:

Agus Supriyanto said...

wah.. saya daftar pak.. cuma kok syarat nya berat amat ya..? he he.. salut pak keep on sharing, ilmu yang sangat bermanfaat bagi pebisnis retail..
Two thumbs up...

Arya Muhamad said...

makasih sharingnya. Izin catat. Lg kembangin ritel nih

salam Bunda Naila

Unknown said...

Pak izin pak kalo ada calon masuk kira2 gaji yang pas untuk kepala toko dg karakter seperti diatas berapa ya pak? Makasih...

Unknown said...

Pak izin pak kalo ada calon masuk kira2 gaji yang pas untuk kepala toko dg karakter seperti diatas berapa ya pak? Makasih...