Sunday, November 22, 2009

Resensi Tuhan Sang Penggoda

“Anda yang masih bimbang menentukan tujuan hidup, anda yang sudah punya tujuan hidup tetapi belum berhasil atau anda yang merasa sudah melakukan apapun untuk sukses tapi ternyata belum beranjak ke mana-mana buku ini di takdirkan untuk anda “
demikian tulisan pada sampul buku ini,

Tadinya saya membayangkan isi buku ini,begitu berat, filosofis atau bahkan mungkin malah “menggurui” , tapi ternyata dugaan saya salah total, begitu saya mulai dari lembar pertama serasa saya mengikuti sebuah proses menjalani kehidupan yang real, apa adanya . Ya …. proses seseorang dalam mengisi dan berusaha menyempurnakan apa makna hidup ini.

Buku ini bercerita tentang proses perjalanan seorang Arif Budiman dari orang “ndeso” hingga sekarang menjadi founder sekaligus Direktur PT. Petak Umpet salah satu Creative Agency terbesar di tanah air. Seperti bentuk diary kehidupan universal yang setiap orang kebanyakan mungkin selalu mengalaminya, menjalani kehidupan dengan sederhana atau “mbanyu mili “ tetapi tetap dalam bingkai prinsip dan sebuah impian besar yang selalu menjaga dan memandunya. Mimpi besar yang masih selalu memberinya semangat, antusiasme dan melahirkan ide-ide segar

Sebuah cerita kehidupan yang memberi kita gambaran sekaligus pelajaran, betapa hidup ini sebetulnya bisa di jalani dengan ringan, tidak mbulet, tinggal bagaimana kita melihatnya, karena yang sering terjadi (bahkan kita sendiri sadar) sebetulnya apa sih tujuan hidup kita ? pertanyaan yang sulit di jawab, jawabannya kadang hanya “normatif” saja. Kita selalu sering menyalahkan keadaan, selalu berpikir “ linier ” tidak berani mencoba berbeda ( merasa berdosa kalau beda ) dan hal hal tersebut terbawa sampai dalam wilayah pergaulan sosial,berbisnis bahkan secara tidak sadar kita tularkan ke anak-anak kita.

Saya percaya dengan kekuatan mimpi, dan saya melihat hanya sedikit orang yang berani bermimpi besar dengan very very clear, bahkan selalu di-declare-kan, salah satu orang tersebut adalah Arief Budiman untuk menjadikan perusahaannya PetakUmpet menjadi The Most Admired Company in The World dan jadi cover di Fortune Magazine.
Saya selalu tergelitik dengan taglinenya “ good is not enough “ kata kata yang lucu sekaligus mempunyai semangat dan energi luar biasa untuk menciptakan hal –hal baru, creative dan think out of the box.

Recommended for reading .. !

Try Atmojo
Owner : www.raxzel.com

Wednesday, November 4, 2009

Era “ Wikinomics “ siapkah kita berkompetisi ?


Buku yang telah lama masuk dan keluar dari tas saya , keluar masuk dashboard mobil….. sampai kusut ( maklum buku yang nggak selesai-selesai di baca  )

Buku ini begitu menarik perhatian saya, membahas tentang perubahan perilaku manusia dan perusahaan dalam cara berbisnis, bersosial sebagai konsekuensi dari pesatnya perkembangan tehnologi.

Era web 2.0 merubah banyak perusahaan, bagaimana sebuah perusahaan mulai memikirkan, merancang, membangun dan mendistribusikan barang dan jasa dengan cara-cara baru yang inovatif dan menarik, dengan biaya yang semakin murah, dan inovasi yang semakin tinggi.

Perubahan besar dalam teknologi, demografi dan ekonomi global telah mampu membentuk kekuatan produk jenis baru, dengan tenaga tenaga riset handal yang tersedia hampir ada di pelosok bumi, telah melahirkan peluang – peluang baru, jutaan orang kini telah menggunakan blog, jurnal pribadi/chat dll, mereka saling berdiskusi mengkolaborasi ide tanpa ada lagi batasan negara dan bahasa dg Google Translate

Dunia adalah divisi riset anda

Membuka diri terhadap arus ide dan gagasan yang bertebaran di mana-mana, divisi R & D tidak lagi menjadi sebuah divisi yang exclusive, monopoli pengetahuan dalam ekonomi industri mungkin akan segera berakhir. Perusahaan dapat mencari,menggali, memfasilitasi gagasan2 tersebut, sehingga membentuk keterhubungan antar mereka dan mentransfer gagasan tersebut secara internal.

Pasar dunia tentang gagasan dan ide sudah banyak terbentuk seperti Innocentive di mana di situ terjadi interaksi antara pencari gagasan ( seeker ) bertemu dengan penyedia gagasan ( solver ). bersama membentuk co-creation dengan platform penghubung dalam menjalankan proses pengembangan dan riset perusahaan.

Bagaimana sebuah perusahaan tambang di Kanada Goldcorp Inc yang sedang di ambang kebangkrutan mampu bangkit kembali, hanya dengan menerapkan gagasan yang tidak lazim dan “gila”. Adalah McEwen memberi gagasan untuk meng “opensource” kan data-data penting dan eclusive geologinya, memasukan ke dalam file dan mengungkapkannya pada dunia. Tantangan GoldCorp ini di sambut sangat antusias oleh partisipan. Dengan hadiah sebesar $ 575.000 bagi partisipan yang mampu memberikan metode dan estimasi titik cadangan emas di tambangnya.

Dalam tempo singkat kontes ini menyebar di internet, dan lebih dari 1000 prospektor dari lebih 50 negara ikut terlibat di dalam kontes ini. Para kontestan telah mengidentifikasi temuan2 baru, yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh ahli geologi GoldCorp sendiri, faktanya lebih dari 80% hasil kontes tersebut telah menghasilkan lebih dari 8 juta ounces emas !

Procter & Gamble telah sukses juga membangun hubungan dinamis berdasarkan kepercayaan dengan kolaborator global untuk mebentuk ekosistem bisnis yang lebih luas, lebih dinamis dan inovatif.

Buku Wikinomics ini sebagai hasil riset senilai $ 9 juta yang di pimpin oleh
Don Tapscott menunjukkan bagaimana semua orang dapat berpartisipasi dalam perekonomian, menciptakan berita, meremiks music, merancang piranti lunak, membuat ramuan obat baru, mengedit ensiklopedia, menjual gagasan dan lain lain

Buku ini sangat menarik, bagaimana kita memandang jauh ke depan, mengantisipasi perubahan, merancang strategi baru dalam menghadapi arus dinamika tehnologi saat ini, karena menurut Don Tapscott kita hanya ada 2 pilihan : Berubah atau Mati.

Siapkah kita ??


Try Atmojo

owner : www.raxzel.com