Sunday, June 17, 2007

3 Cara menghadapi kegagalan

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan,yaitu di saat apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Kita perlu belajar bagaimana menyiasati kegagalan tersebut,karena semua guru sukses mengatakan bahwa gagal dan berhasil itu sudah di kemas dalam satu paket.
Hanya sering kita tidak sabar dalam proses untuk mendapatkan keberhasilan, dan cepat mengeluh,menyalahkan orang lain dan mencari2 alasan untuk berhenti bertindak apabila menemukan kegagalan.

Ada beberapa type orang dalam merespon kegagalan :

1. Mencari kambing hitam,menyangkal dan mencari pembenaran.

Kebanyakan orang akan melakukan hal ini, ketika menemui kegagalan. Merasa frustasi dan akhirnya berhenti bertindak dan menyerah.Mereka akan berkata kepada orang lain : "wah, saya nggak berbakat", "pemerintah itu tidak adil ", "karyawan saya kurang ajar"
"benar kan kata saya, bisnis itu susah "

2. Mengulang tindakan yg sama tanpa merubah strategi.

Orang type seperti ini, masih lebih bagus, karena mereka yakin dan masih mencoba tetap bertindak untuk mencapai tujuannya. Akan tetapi mereka lupa bahwa tindakan yang mereka ambil masih sama dengan yg pernah mereka lakukan. Jadi mereka menggunakan pendekatan, cara2 yg sama dan terus mengulang-ulang tanpa pernah merubah strategi yg di gunakan.

3. Belajar dari kesalahan,merubah strategi dan terus bertindak.

Pola seperti ini yang orang2 sukses gunakan, mereka tidak pernah merasa gagal, mengeluh, menyalahkan orang lain. Mereka terus belajar , merubah strategi dan melakukan apapun yang di perlukan sampai mendapatkan tujuan

Untuk mendapatkan hasil yang berbeda,tindakan anda juga harus berbeda.

Hidup adalah pilihan, dan kita bertanggung jawab penuh atas kehidupan kita sendiri, bukan orang lain, bukan atasan kita dan juga bukan pemerintah.

Semoga bermanfaat


Try Atmojo
www.tryatmojo.blogspot.com

Thursday, June 7, 2007

Senyuman..

Senyum adalah ibadah. Tersenyum adalah cara paling mudah dan murah untuk menunjukkan apresiasi kita terhadap sesuatu hal.
Ada senyum tulus dan ada senyum yang di paksakan.
Senyuman yang tulus akan memancarkan frekwensi kepada lawan bicara kita, dari mulai bentuk garis bibir, mata ,dan kerutan dahi anda, akan menggambarkan bahwa senyuman anda tulus.
Senyuman tulus anda, akan memberi rasa bahagia di perasaan anda, itu yang membuat aliran darah semakin segar, dan otot-otot wajah anda berseri-seri.Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk banyak tersenyum, karena membikin kita lebih awet muda.

Senyum yang di buat-buat secanggih apapun , di jamin lawan bicara anda akan tetap merasakan bahwa itu tidak tulus, ya karena reaksi hati anda tidak sesuai dengan apa yang anda ekpresikan di wajah anda.

Mungkin anda punya banyak pengalaman, bagaimana dg hanya TERSENYUM TULUS dapat memudahkan kita berinteraksi dengan orang lain, dengan customer,atasan anda,ataupun orang yang baru anda kenal.

Kebanyakan orang pelit untuk tersenyum, entah karena gengsi atau jaim. Kalau anda sudah belajar prinsip Luck Factor yg pernah di sampaikan oleh mentor saya Pak Yusef , orang2 yang beruntung cenderung rileks , dan itu yang akan menarik orang lain untuk lebih mudah berinteraksi.

Jadi ... mulailah berikan senyuman terbaik anda untuk orang2 terdekat anda.Dan rasakan betapa bahagianya perasaan anda saat ini.

Tapi ma'af saya tidak menggaransi kalau setelah baca posting ini, anda masih senyum2 sendiri bahkan sampai keluar rumah ... he ..he

Salam Funtastic

Try Atmojo
www.tryatmojo.blogspot.com

Tuesday, June 5, 2007

Visi dan Misi bisnis anda

Sekecil apapun bisnis dan usaha kita, tentu kita perlu lebih jelas bagaiman atau mau jadi apa nanti bisnis kita 3 atau 5 tahun ke depan

Yang sering terjadi, kadang kita sendiri tidak tahu ataupun tidak peduli dengan apa yang akan terjadi dengan bisnis kita nanti. Mengalir begitu saja ...

Di sinilah masalahnya !

Bagaimana kita mau meng-guide karyawan kita, kalo ownernya sendiri tidak tahu ?
Banyak temen2 pebisnis lain yang kalo di tanya, bagaiman nih rencana ke depannya ? kebanyakan mereka menjawab : “ya.. gimana nanti aja pak “

Kita perlu tujuan atau visi yang jelas, karena visi tersebut yang akan mengarahkan kita. Membuat kita merasa harus mencapainya .

Seperti rambu2 atau common goal yang selalu menjaga dan mengingatkan kita sebagai owner dan team kita agar selalu mengikuti track yang telah di tetapkan bersama.

Seperti di tulis oleh Patricia Jones dalab bukunya
Say it And Live it
bagaimana perusahaan2 kelas dunia membuat visi dan misi mereka.

Jadi jangan anggap sepele visi & misi itu. Kalo mau lebih mantap silahkan baca bukunya om Brad Sugars Instant System

Salam fuuuntastic